5 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error / Rusak

5 Cara yang tepat untuk memperbaiki keyboard error – Kerusakan dapat terjadi seperti tombol tidak berfungsi sebagian, tombol yang ditekan menjadi karakter yang tidak semestinya dan banyak lagi masalah yang sering ditemui. Maka dari itu Sarjana Komputer akan mengulas beberapa cara untuk mengatasi keyboard rusak atau error.

Untuk memperbaiki keyboard kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab sebelum keyboard tersebut rusak, seperti tersiram air, terkena debu dan lain-lain. Namun realitanya keyboard sering terjadi error atau rusak secara tiba-tiba, tanpa diketahui apa penyebabnya.

Jika sudah begitu maka kita harus mengambil beberapa langkah tindakan dan mencoba untuk menganalisis permasalahan yang terjadi. Berikut ini merupakan beberapa langkah tindakan untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

Restart Laptop

cara restart laptop untuk memperbaiki keyboard
Source : https://carisinyal.com/

Langkah yang pertama, jika keyboard laptop mendadak mengalami error maka tindakan pertama yaitu restart laptop anda. Dengan merestart laptop maka secara tidak langsung dapat mengatasi beberapa error pada sistem operasi yang mungkin dapat mempengaruhi keyboard laptop anda. Jika dengan merestart laptop keyboard anda masih mengalami erorr maka lakukan langkah selanjutnya

Periksa Num Lock

cara memperbaiki keyboard - periksa num lock
Source : https://carisinyal.com/

Terkadang secara tidak sengaja kita menyentuh tombol num lock akibat menekan beberapa gabungan tombol tanpa kita sadari. Ketika tombol num lock aktif maka ada beberapa karakter ketika ditekan maka yang muncul tidak sama dengan karakter yang kita tekan.

Untuk mematikan tombol num lock tersebut, silahkan tekan “FN + Num Lock” secara dikeyboard secara bersamaan. Untuk beberapa jenis laptop, menekan “Capas Lock” dan “Num Lock” juga dapat mematikannya. Silahkan cari tahu dengan mengunjungi website resmi produsen laptop anda untuk mengetahui cara mematikan tombol num lock.3.

Masalah Driver

Device Manager

Masalah driver juga dapat menyebab keyboard tidak berfungsi, biasanya driver bisa terkena virus karena kita sering mengunduh file sembarangan. Untuk itu coba lakukan update driver keyboard pada device manager laptop anda. Jika di sana terdapat tanda segitiga berwarna kuning, maka dipastikan driver keyboard tersebut mengalami masalah. Silahkan download driver terbarunya di situs produsen laptop yang Anda miliki. Cara ini juga dapat Anda lakukan jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop.

Baca Artikel lainnya : Pengertian dan Fungsi Keyboard

Lakukan System Restore

Recovery

Jika anda yakin keyboard tidak berfungsi dengan baik setelah menginstal suatu program, maka cobalah untuk melakukan system restore. Caranya untuk Windows 8 dan Windows 7, buka Start Menu kemudian search “Recovery”. Sedangkan untuk Windows XP klik Start → All Programs → Accessories → System Tools, lalu pilih System Restore.

Dengan melakukan system restore ini maka laptop anda akan kembali pada keadaan sebelum menginstal program bermasalah tersebut. Program yang diinstal setelah menginstal program bermasalah tersebut akan secara otomatis hilang. Oleh karena itu, backup terlebih dahulu berbagai data yang penting sebelum melakukannya.

Bersihkan Keyboard dari Debu

berishkan keyboard dari debu

Keyboard yang berdebu menjadi salah satu penyebab keyboard dapat mengalami kerusakan. Debu dan kotoran sering menyelip disela-sela keyboard yang nantinnya akan masuk kekomponen dalam. Jika laptop anda jarang dihidupkan dan dipakai maka akan banyak debu yang masuk.

Cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan memiringkan atau membalikan laptop hingga 45 sampai 75 derajat sambil menggoyangkannya. Anda juga dapat menggunakan pembersih khusus untuk keyboard yang biasanya berupa vacuum kecil untuk menyingkirkan debu.

Melepaskan tombol-tombol pada keyboard memang cukup sulit dan membutuhkan keahlian tertentu. Jika Anda belum menguasainya maka lebih baik untuk tidak melakukannya karena bisa jadi malah akan menambah kerusakan pada keyboard laptop tersebut.